Kamis, 04 Oktober 2012

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI - PERILAKU KONSUMEN


Tugas Softskill

Nama     : Inesz Cahya Rachmadhani
Kelas     : 3EA01
NPM      : 13210546

Materi :

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif, bagaimana cara kita mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yg ada di pasar. Hal ini sangat diperlukan dalam bidang bisnis maupun pemasaran.
Berikut salah satu pandangan mengenai segmentasi pasar :
Hermawan Kertajaya : "Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen."
Segmentasi pasar juga merupakan pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri. Dengan demikian yang semula pasarnya satu dan luas,kemudian dibagi-bagi atau disegmentasi oleh pemasar menjadi beberapa bagian pasar yang sifatnya homogen.
Peranan Segmentasi Dalam Marketing :
·         Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita
·         Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
·         Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
·         Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unit dan cara yg berbeda.
Tujuan Segmentasi Pasar :
-       Pasar Lebih Mudah Dibedakan. Perusahaan cenderung mencari sekelompok konsumen yg bersifat homogen agar lebih mudah untuk memahami selera konsumen dan agar pasar bisa lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yg lain.
-       Pelayanan Kepada Pembeli Jauh Lebih Baik. Pelayanan sangat dibutuhkan dalam segmentasi pasar. Dalam memenuhi kebutuhannya, rata-rata konsumen ingin memiliki barang dengan kualitas yg bagus, harga yg terjangkau serta ketetapan waktu. Untuk itu, dibutuhkan pelayanan yg baik. Banyak kejadian yg terjadi, konsumen lebih memilih berbelanja di tempat lain karena pelayanan yg kurang memuaskan.
-       Strategi Pemasaran Menjadi Lebih Mengarah. Dapat merencanakan strategi pemasaran yg lebih tajam dan mendalam pada sasaran konsumen yg bersifat homogen, seperti penyusunan marketing mix yg meliputi perencanaan produk, harga, distribusi, pemasaran, dll.
-       Mendesain Produk. Mendesai produk-produk yg lebih responsif terhadap kebutuhan pasar karena hanya dengan memahami segmen-segmen yang responsif terhadap suatu stimuli maka pemasar dapat mendesain produk yg sesuai dengan kebutuhan segmen ini.

Kriteria Segmentasi Pasar Yang Baik :

v  Serupa. Pelanggan dalam segmen pasar sebaiknya se-serupa mungkin berkenaan dengan respon mereka terhadap variabel paduan pemasaran dan dimensi segmentasi mereka.
v  Berbeda. Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
v  Substansial. Segmen harus cukup besar agar menguntungkan.


Variabel Segmentasi :

Ø  Segmentasi Geografi. Membagi pasar ke dalam beberapa bagian geografi yg berbeda, seperti negara, wilayah, kota, dll. Perusahaan akan beroperasi pada satu atau beberapa area geografi yg diperkirakan potensial dan menguntungkan.
Ø  Segmentasi Demografi. Pasar di bagi berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dll. Segmentasi demografi digunakan karena informasi demografi merupakan informasi yg mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market dan memberikan insight tentang trend yg sedang terjadi.
Ø  Segmentasi Psikografi. Dalam segmentasi ini, perilaku konsumen di observasi melalui kelas sosial (social class), gaya hidup (life style), nilai-nilai kehidupan yg di anut (value) dan kepribadian (personality).


Langkah Dalam Mengembangkan Segmentasi :

ü  Mensegmen pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yg di cari, dan situasi pemakaian.
ü  Mendeskripsikan segmen pasar yg diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.


ANALISIS DEMOGRAFI

v  Analisis Kepuasan Konsumen
Kotler (2000) mengatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yg ia rasakan dengan harapannya.

1. Komponen Kepuasan Konsumen.
            - Respon : Tipe dan Insensitas. Kepuasaan konsumen merupakan respon emosional dan juga kognitif. Insensitas responnya di mulai dari sangat puas dan menyukai produk sampai sikap yg apatis terhadap produk tertentu.
            - Fokus. Fokus pada performansi objek disesuaikan pada beberapa standar. Nilai standar ini secara langsung berhubungan dengan produk, konsumsi, keputusan berbelanja, penjual dan toko.
            - Waktu Respon. Respon terjadi pada waktu tertentu, antara lain : setelah konsumsi, setelah pemilihan produk atau jasa, berdasarkan pengalaman akumulatif. Durasi kepuasaan mengarah kepada berapa lama respon kepuasan itu berakhir.

2. Jenis Kepuasan Konsumen.
            - Kepuasan Fungsional. Merupakan kepuasan yang di peroleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk.
            - Kepuasan Psikologikal. Merupakan kepuasaan yg diperoleh dari atribut yg bersifat tidak berwujud.

3. Pengambilan Keputusan Konsumen.
            - Analisis Kebutuhan. Konsumen merasa bahwa ia membutuhkan sesuatu untuk memenuhi keinginannya. Kebutuhan itu bisa di bangkitkan oleh dirinya sendiri ataupun stimulus eksternal. Stimulus bisa melalui lingkungan bergaul, sesuatu yg di lihat, ataupun dari komunikasi produk atau jasa perusahaan lewat media massa, brosur, dll.
            - Pencarian Informasi. Setelah kebutuhan itu dirasakan, konsumen kemudian mencari produk ataupun jasa yg bisa memenuhi kebutuhannya.
            - Evaluasi Alternatif. Konsumen kemudian melakukan evaluasi terhadap berbagai alternatif yang tersedia mulai dari keuntungan dan manfaat yg dia peroleh.
            - Keputusan Pembelian. Konsumen memtuskan untuk membeli merek tertentu dengan harga tertentu, warna tertentu.
            - Sikap Paska Pembelian. Sikap paska pembelian menyangkut sikap konsumen setelah membeli produk ataupun mengkonsumsi suatu jasa.


v  Analisis Kebijakan  Sosial Konsumen.
Analisis kebijakan sosial konsumen adalah usaha terencana yg berkaitan dengan pemberian penjelasan (explanation) dan preskripsi atau rekomendasi terhadap konsekuensi kebijakan-kebijakan sosial yg telah diterapkan. Tindakan kebijakan sosial adalah :
o   Penelitian dan rasionalisasi yg dilakukan untuk menjamin keilmiahan dari analisis yg dilakukan
o   Orientasi nilai yang dijadikan patokan atau kriteria untuk menilai kebijakan sosial tersebut berdasarkan nilai benar atau salah
o   Pertimbangan politik yg umumnya dijadikan landasan untuk menjamin kemanan dan stabilitas


Sumber :
http://husniaalfaini.blogspot.com/2011/01/perilaku-konsumen-segmentasi-pasar-dan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar