Kamis, 04 Oktober 2012

STRATEGI SEGMENTASI PASAR YANG DIGUNAKAN OLEH 711 (SEVEN ELEVEN) MINI MARKET

711 atau yang biasa di sebut dengan "Seven Eleven" merupakan sebuah mini market yang sering di kunjungi oleh para remaja Indonesia, khusus nya Jakarta. Padahal kalau kita perhatikan sekilas, 711 adalah sebuah mini market biasa sama seperti mini market lainnya. Akan tetapi, desain market yang unik dan modern, serta jenis makanan yang di jual di mini market ini berbeda dengan mini market lainnya. Hal ini lah yang menjadi daya tarik 711 untuk menarik segmen pasar khususnya para remaja di Jakarta yang gemar mengahabiskan waktu mereka bersama teman-temannya.

Desain yang di gunakan mini market ini sangat unik dan modern, market ini di penuhi dengan cat berwarna hijau dan menggunakan banyak lampu di dalam market tersebut sehingga market tersebut terlihat sangat mencolok di bandingkan tempat hang out lainnya. Jenis makanan dan minuman juga bervariasi, market ini menyediakan makanan yang jarang di temui di market lain, seperti makanan produk Korea, Jepang, dll. Market ini juga menyediakan berbagai macam beverage food, nachos, dan minuman unik lainnya seperti slurpee. 

Lokasi yang strategis dan memiliki nama yang sudah terkenal, membuat market ini banyak di kunjungi pengunjung. Hampir semua outlet 711 yang di buka di Jakarta terliahat ramai pengunjung. Biasa nya, 711 membuka outlet di tempat-tempat yang kira nya dekat dengan sekolah atau universitas, dan juga tempat-tempat hang out yang terkenal di Jakarta seperti daerah Kemang dan Tebet. Segmen utama market ini sudah jelas adalah para pelajar dan mahasiswa. 

Hal ini juga yang  mendasari para penguasaha untuk membuat mini market dengan konsep yang hampir sama seperti 711. Para pesaing tersebut antara lain CK dan Lawson. Akan tetapi, walaupun banyak pesaing, 711 tetap menjadi tempat favorit bagi para remaja untuk menghabiskan waktu luang mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar