Kamis, 29 November 2012

PERLUNYA SIKAP MOTIVASI DAN MAWAS DIRI


Motivasi merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Jika kita ingin melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan dan ragu untuk melakukannya, maka kita membutuhkan sebuah motivasi. Nah sebenranya apakah definisi dari motivasi ?
                Pengertian motivasi sendiri menurut istilah adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan/ keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan. Pengertian yang lain adalah daya pendorong dari keinginan kita agar apa yang kita inginkan itu dapat tercapai yang timbul dari diri kita sendiri.
                Kita pasti ingin memiliki kehidupan yang jauh lebih baik di masa depan dari pada di masa sekarang. Keinginan untuk merubah nasib, membahagiakan kedua orang tua misalnya, atau mencapai kesuksesan di masa depan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap manusia. Untuk mencapai itu semua kita membutuhkan sebuah motivasi yang timbul dari dalam diri kita. Mencapai sebuah keinginan yang besar bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Semua hal didunia bisa kita lakukan asalkan ada niat yang kuat dan memotivasi diri sendiri terus menerus. Sebaliknya, jika kita hanya memiliki keinginan tetapi tidak pernah memotivasi diri kita untuk berusaha melakukan keinginan tersebut, maka keinginan tersebut mustahil untuk dicapai.
                Pada intinya, kita harus benar-benar mempunyai keinginan yang harus kita capai, karena dengan tercapainya suatu keinginan tersebut maka sesuatu akan berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam hal inilah, motivasi berperan sangat penting dalam mencapai keinginan tersebut.
                Disamping dibutuhkannya motivasi untuk kehidupan kita, mawas diri juga merupakan sesuatu yang harus kita perhatikan. Dalam mencapai suatu keinginan, kita harus selalu mawas diri. Berhati-hati dalam bersikap dan bijaksana dalam mengambil keputusan yang akan kita ambil. Jangan sampai karena kita terlalu memotivasi diri hingga menimbulkan suatu sikap ambisius, malah merusak segala sesuatu yang kita raih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar