Rabu, 23 November 2011

Usaha Online Shop

Bagi para pengguna social networking atau jejaring sosial, pasti banyak yang sudah mengetahui tentang bisnis online shop atau toko online. Di dalam online shop ini, anda dapat berbelanja berbagai macam jenis kebutuhan dimana saja tanpa anda harus keluar rumah atau mengunjungi toko-toko kebutuhan tersebut. Begitu juga dengan para pengusaha online shop, anda tidak perlu repot-repot menyewa tempat untuk membuka toko usaha anda. Anda pun akan tetap bisa berjualan di rumah tanpa harus menyewa tempat, bagaimana cara nya? dengan menggunakan jasa internet. Yang anda perlukan hanyalah internet dan modal dasar untuk membeli barang-barang yang ingin anda pasarkan di online shop anda.


Dengan menggunakan jasa internet, anda dapat menggunakan facebook,twitter dan blog. Cara nya, anda memasukan foto-foto barang yang ingin anda pasarkan untuk dijual, tidak lupa mencantumkan detail dari barang tersebut (contoh : baju, cantumkan ukuran, panjang baju, bahan baju, dll) . Lalu untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli barang-barang yang anda jual, edit foto barang yang akan anda jual semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik untuk membeli. Banyak konsumen yang tadi nya malas untuk berbelanja di online shop karena terkadang baju yang mereka terima setelah membeli  tidak sesuai dengan barang yang seperti di foto yang di pasarkan dan mereka ingin kan. untuk itulah, salah satu kunci keberhasilan mengelola usaha online shop anda adalah dengan mempertahankan kualitas produk dan tidak "menipu" konsumen.

Selain menggunakan jasa internet seperti facebook dan twitter, anda juga dapat melakukan online shop anda dengan menggunakan Blackberry Group Messanger/BBG. Ini di peruntukan bagi para pengguna Blackberry user. Anda tinggal mengupload foto yang ingin anda pasarkan di picture group, kemudian para calon konsumen anda bisa meng-comment baju yang mereka ingin beli di masing-masing gambar. Batas member di group ini adalah 35 member. Kekurangan BBG adalah terbatas nya jumlah member dan picture yang bisa di upload, berbeda dengan facebook yang bisa memiliki member sebanyak-banyak nya. Namun kelebihan nya adalah anda bisa bertransaksi hanya menggunakan hp anda tanpa harus menggunakan laptop.


Harga di dalam online shop cenderung relatif lebih murah di bandingkan dengan harga di toko. Hal ini di sebabkan karena online shop tidak memerlukan tempat untuk menyewa toko dan tidak mengeluarkan modal yang lebih besar di bandingkan para pengusaha yang menyewa toko. Cara transaksi jual-beli di online shop adalah menggunakan jasa transfer pengiriman uang (via atm dan bank). Para calon pembeli mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan barang yang di pesan nya dengan cara mentransfer uang tersebut ke rekening pemilik online shop. Biasa nya para pemilik online shop meminta foto tanda bukti transfer pembeli, setelah uang tersebut masuk ke rekening sang pemilik, baru sang pemilik mengirimkan barang pesanan pembeli tersebut menggunakan jasa pengiriman (jasa pengiriman yang biasa di gunakan JNE/TIKI) sesuai dengan alamat yang telah di berikan oleh konsumen.

Keamanan merupakan salah satu faktor penting yang harus anda perhatikan dalam bisnis online shop. Banyak penipuan yang terjadi dalam online shop, di karenakan faktor para pemilik online shop tidak dapat bertatap muka langsung dengan para calon pembeli nya dan biasa nya para calon pembeli berasal dari luar kota atau jauh dari tempat tinggal anda sehingga ketia sesuatu terjadi seperti penipuan, anda tidak bisa melacak nya karena posisi calon pembeli yang tidak pasti. Untuk itu dalam bisnis online shop ini sangat di perlukan kewaspadaan, baik untuk para konsumen maupun para pemilik online shop. Kepercayaan adalah hal pertama yang di utamakan dalam bisnis ini. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar