Kamis, 24 November 2011

Peluang Usaha Rental Mobil Rumahan

Berbagai macam usaha dapat kita diri kan untuk mengasilkan pendapatan. Salah satu nya dengan cara usaha rental mobil. Usaha ini dapat dilakukan di rumah atau pun menyewa sebuah tempat/ruko yang di gunakan untuk tempat transaksi sewa mobil tersebut. Biasa nya usaha sewa mobil yang memiliki tempat tersendiri sudah memiliki mobil yang dapat di sewakan lebih dari 3 mobil. Namun, memulai usaha sewa mobil tidak hanya di lakukan di suatu tempat khusus, kita bisa memulai nya di rumah dengan modal yang relatif lebih kecil untuk permulaan.

Bisni sewa mobil rumahan ini sudah banyak di lirik kalangan masyarakat yang mempunyai mobil niaga berkapasitas penumpang banyak, seperti avanza, xenia, apv, dll. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari usaha rental ini. Salah satu nya adalah anda dapat memiliki sebuah mobil secara kredit hanya dengan membayar DP awal tanpa perlu membayar cicilan per bulan dari mobil tersebut. Karena biasa nya dengan usaha rental, mobil yang di sewa, hasil pembayarn sewa mobil untuk pemakaian sekitar 2 minggu, bisa menutupi pembayaran cicilan mobil per bulan nya. Begini misal nya, ada membeli sebuah mobil Avanza secara kredit dengan DP sekitar 60jt, dengan tenor 3 tahun, dengan cicilan kredit perbulan nya Rp 2.700.000. dari situ berarti anda tinggal mengangsur cicilan sebesar Rp 2.700.000. Asumsi kan harga sewa mobil per hari nya sebesar Rp 300.000 tanpa supir dan Rp 400.000/hari + supir. Tiap bulan anda kira-kira akan menerima order 15-20 hari, 20 x Rp 300.000 = Rp 6.000.000, cicilan yang harus di bayarkan Rp 2.700.000, sehingga laba bersih yang anda terima Rp 3.300.000. Sisa mobil selama !0 hari nya bisa anda gunakan pribadi.

Jenis mobil yang paling banyak di minati calon penyewa adalah avanza atau xenia, karena dapat memuat oranf banyak sekitar 7-8 orang dengan model yang elegan. Banyak pengunjung yang tidak menyukai menyewa APV, karena kemudi nya tegak seperti truk, tidak rileks ketika di bawa menyetir. Berdasarkan pengalaman saya, jika mobil ada telah lunas cicilan kredit, jualah mobil tersebut. Hasil penjualan mobil tersebut bisa anda gunakan untuk DP 1-2 mobil yang nanti nya untuk di sewakan kembali. Hal tersebut di karenakan banyak nya penyewa yang menginginkan mobil yg di sewa keluaran terbaru agar nyaman saat di pakai.

Keamanan mobil juga sangat penting untuk di perhatikan, apalagi untuk sistim sewa yang tidak menggunakan jasa supir. Pertama, asuransikan mobil anda dengan asuransi all risk, biasa nya dari pihak dealer tidak ingin memberikan asuransi kepada pembeli apabila diketahui mobil itu untuk di sewakan, karena resiko nya lebih besar. Beda hal nya dengan asuransi all risk, anda dapat mengkonsultasikan semua nya dengan pihak asuransi. Walaupun mengeluarkan biaya yang lebih besar, yang penting aset anda aman. Yang kedua adalah dengan cara pemasangan GPS pada setiap mobil yang ingin anda sewakan. Guna nya untuk melacak dimana keberadaan mobil saat di sewa, sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginnkan, anda bisa mencegah nya. Ketiga , hindari sewa perorangan dalam jangka waktu lama, karena banyak kejadian yang terjadi karena sewa perorangan dalam jangka waktu lama. Mobil sudah di sewa dalam jangka waktu lama tetapi pembayaran nya macet, ternyata mobil tersebut sudah di gadaikan ke orang lain. Di sini lah fungsi sebuah GPS, anda bisa melacak keberadaan mobil anda sehingga dapat mencegah terjadi nya penipuan.

Sistim pemasaran dari sewa mobil ini sebenar nya sangat mudah. Anda tidak akan megalami kesulitan dalam memasarkan mobil anda, karena pengusaha sewa rental sekarang masih sedikit, sedangkan banyak orang yang membutuhkan sewa mobil. Di tambah lagi apabila mobil anda keluaran terbaru, semakin banyak orang yang tertarik untuk menyewa. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dari usaha sewa ini, silahkan mencoba :)

sumber :  http://peluangusaha-oke.com/peluang-usaha-rental-mobil/

1 komentar: