Minggu, 23 Desember 2012

POLA PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT INDONESIA


Sikap seorang individu mempengaruhi pola pmbelian barang/jasa terhadap barang yang akan dikonsumsi nya. Hal ini berdasarkan beberapa faktor yang membedakan, diantaranya faktor budaya, social dan psikologis.

Dari segi faktor budaya, kiat bisa mengambil contoh tentang kebudayaan pola piker masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi barang/jasa. Orang-orang Indonesia selalu tertarik akan hal-hal baru. Banyak masyarakat Indonesia yang sering menghabiskan uang mereka untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya sudah mereka miliki akan tetapi mereka membelinya lagi karena berbeda merek atau model. Selain itu, jika ada gadget terbaru, tidak jarang masyarakat Indonesia langsung “menyerbunya” padahal sebenarnya gadget tersebut masih memiliki fungsi yang sama, bahkan fitur yang sama. Dan juga, masyarakat Indonesia sepertinya lebih menyukai produk-produk dari luar negeri dibandingkan produk dalam negeri. Berbeda halnya dengan orang-orang dengan ras kulit putih (bule). Kebanyakan warga kulit putih justru memiliki sikap yang berbanding terbalik dengan masyarakat Indonesia. Mereka, dalam menggunakan produk, jarang dari mereka yang sering begonta-ganti produk sebelum produk tersebut rusak. Mereka lebih mementingkan bagaimana cara menghasilkan produk yang berkualitas untuk dikonsumsi sendiri bahkan untuk di ekspor, dibandingkan dengan membeli produk luar untuk dikonsumsi. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering berbelanja bahkan tidak sedikit orang yang berbelanja ke luar negeri, padahal di produk tersebut dapat dibeli di Negara nya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar