Tugas
Softskill
Nama : Inesz Cahya Rachmadhani
Kelas : 3EA01
NPM : 13210546
Materi
:
SEGMENTASI
PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI
Segmentasi pasar adalah sebuah metode
bagaimana memandang pasar secara kreatif, bagaimana cara kita mengidentifikasi
dan memanfaatkan peluang yg ada di pasar. Hal ini sangat diperlukan dalam
bidang bisnis maupun pemasaran.
Berikut salah satu pandangan mengenai
segmentasi pasar :
Hermawan Kertajaya : "Segmentasi pasar sangatlah penting di
dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar
terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam
membangun usaha. Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan
tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan
produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan
minat dan kebutuhan konsumen."
Segmentasi
pasar juga merupakan pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan
pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut
dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri. Dengan
demikian yang semula pasarnya satu dan luas,kemudian dibagi-bagi atau
disegmentasi oleh pemasar menjadi beberapa bagian pasar yang sifatnya homogen.
Peranan Segmentasi Dalam Marketing :
·
Memungkinkan
kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan
kita
·
Mendapatkan
input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
·
Merupakan
basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
·
Faktor
kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unit dan cara yg
berbeda.
Tujuan Segmentasi Pasar :
-
Pasar Lebih Mudah Dibedakan. Perusahaan cenderung mencari
sekelompok konsumen yg bersifat homogen agar lebih mudah untuk memahami selera
konsumen dan agar pasar bisa lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yg
lain.
-
Pelayanan Kepada Pembeli Jauh Lebih
Baik. Pelayanan
sangat dibutuhkan dalam segmentasi pasar. Dalam memenuhi kebutuhannya,
rata-rata konsumen ingin memiliki barang dengan kualitas yg bagus, harga yg
terjangkau serta ketetapan waktu. Untuk itu, dibutuhkan pelayanan yg baik.
Banyak kejadian yg terjadi, konsumen lebih memilih berbelanja di tempat lain
karena pelayanan yg kurang memuaskan.
-
Strategi Pemasaran Menjadi Lebih
Mengarah. Dapat
merencanakan strategi pemasaran yg lebih tajam dan mendalam pada sasaran
konsumen yg bersifat homogen, seperti penyusunan marketing mix yg meliputi
perencanaan produk, harga, distribusi, pemasaran, dll.
-
Mendesain Produk. Mendesai produk-produk yg lebih
responsif terhadap kebutuhan pasar karena hanya dengan memahami segmen-segmen
yang responsif terhadap suatu stimuli maka pemasar dapat mendesain produk yg
sesuai dengan kebutuhan segmen ini.
Kriteria
Segmentasi Pasar Yang Baik :
v
Serupa. Pelanggan dalam segmen pasar
sebaiknya se-serupa mungkin berkenaan dengan respon mereka terhadap variabel
paduan pemasaran dan dimensi segmentasi mereka.
v
Berbeda. Segmen-segmen dapat dipisahkan
secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen
dan bauran pemasaran yang berbeda.
v
Substansial. Segmen harus cukup besar agar
menguntungkan.
Variabel
Segmentasi :
Ø
Segmentasi Geografi. Membagi pasar ke dalam beberapa
bagian geografi yg berbeda, seperti negara, wilayah, kota, dll. Perusahaan akan
beroperasi pada satu atau beberapa area geografi yg diperkirakan potensial dan
menguntungkan.
Ø
Segmentasi Demografi. Pasar di bagi berdasarkan usia,
jenis kelamin, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dll. Segmentasi demografi
digunakan karena informasi demografi merupakan informasi yg mudah dijangkau dan
relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market dan memberikan
insight tentang trend yg sedang terjadi.
Ø
Segmentasi Psikografi. Dalam segmentasi ini, perilaku
konsumen di observasi melalui kelas sosial (social class), gaya hidup (life
style), nilai-nilai kehidupan yg di anut (value) dan kepribadian (personality).
Langkah
Dalam Mengembangkan Segmentasi :
ü
Mensegmen
pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen,
manfaat yg di cari, dan situasi pemakaian.
ü
Mendeskripsikan
segmen pasar yg diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang
dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut
dan cara berkomunikasi dengan konsumen.
ANALISIS
DEMOGRAFI
v
Analisis
Kepuasan Konsumen
Kotler (2000) mengatakan bahwa
kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan
antara kinerja produk yg ia rasakan dengan harapannya.
1. Komponen Kepuasan Konsumen.
-
Respon : Tipe dan Insensitas. Kepuasaan konsumen merupakan respon emosional dan
juga kognitif. Insensitas responnya di mulai dari sangat puas dan menyukai
produk sampai sikap yg apatis terhadap produk tertentu.
-
Fokus. Fokus pada performansi objek disesuaikan pada beberapa standar. Nilai
standar ini secara langsung berhubungan dengan produk, konsumsi, keputusan
berbelanja, penjual dan toko.
-
Waktu Respon. Respon terjadi pada waktu tertentu, antara lain : setelah
konsumsi, setelah pemilihan produk atau jasa, berdasarkan pengalaman
akumulatif. Durasi kepuasaan mengarah kepada berapa lama respon kepuasan itu
berakhir.
2. Jenis Kepuasan Konsumen.
-
Kepuasan Fungsional. Merupakan kepuasan yang di peroleh dari fungsi atau
pemakaian suatu produk.
-
Kepuasan Psikologikal. Merupakan kepuasaan yg diperoleh dari atribut yg
bersifat tidak berwujud.
3. Pengambilan Keputusan Konsumen.
-
Analisis Kebutuhan. Konsumen merasa bahwa ia membutuhkan sesuatu untuk memenuhi
keinginannya. Kebutuhan itu bisa di bangkitkan oleh dirinya sendiri ataupun
stimulus eksternal. Stimulus bisa melalui lingkungan bergaul, sesuatu yg di
lihat, ataupun dari komunikasi produk atau jasa perusahaan lewat media massa,
brosur, dll.
-
Pencarian Informasi. Setelah kebutuhan itu dirasakan, konsumen kemudian mencari
produk ataupun jasa yg bisa memenuhi kebutuhannya.
-
Evaluasi Alternatif. Konsumen kemudian melakukan evaluasi terhadap berbagai
alternatif yang tersedia mulai dari keuntungan dan manfaat yg dia peroleh.
-
Keputusan Pembelian. Konsumen memtuskan untuk membeli merek tertentu dengan
harga tertentu, warna tertentu.
-
Sikap Paska Pembelian. Sikap paska pembelian menyangkut sikap konsumen setelah
membeli produk ataupun mengkonsumsi suatu jasa.
v Analisis Kebijakan Sosial Konsumen.
Analisis kebijakan sosial konsumen
adalah usaha terencana yg berkaitan dengan pemberian penjelasan (explanation)
dan preskripsi atau rekomendasi terhadap konsekuensi kebijakan-kebijakan sosial
yg telah diterapkan. Tindakan kebijakan sosial adalah :
o
Penelitian
dan rasionalisasi yg dilakukan untuk menjamin keilmiahan dari analisis yg
dilakukan
o
Orientasi
nilai yang dijadikan patokan atau kriteria untuk menilai kebijakan sosial
tersebut berdasarkan nilai benar atau salah
o
Pertimbangan
politik yg umumnya dijadikan landasan untuk menjamin kemanan dan stabilitas
Sumber :
http://husniaalfaini.blogspot.com/2011/01/perilaku-konsumen-segmentasi-pasar-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar