Konsumen yaitu beberapa orang yang menjadi pembeli atau pelanggan yang membutuhkan barang untuk hidup mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada saat ini, perdagangan bebas yang didukung teknologi komunikasi telah dapat kita rasakan. Kita dapat mengkonsumsi produk-produk yang berasal dari dalam maupun luar negri tanpa harus mengunjungi tempat tersebut. Hal ini biasa kita kenal dengan perdagangan online. Kondisi ini memberikan manfaat bagi kedua pihak, yaitu konsumen dan produsen. Produsen dapat memperluas jaringan pemasaran produknya dan konsumen dapat memilij aneka jenis dan kualitas barang sesuai dengan keinginan dan kemampuan konsumen.
Dengan adanya perdagangan online yang semakin meluas saat ini, menimbulkan banyak pertimbangan yang harus dihadapi konsumen sebelum melakukan pembelian. Kita harus mengetahui detail produk secara lebih teliti ketika kita membeli produk via online.Hal ini disebabkan karena kita tidak dapat melihat wujud fisik barang tersebut. Pembayaran yang biasa nya juga dilakukan via transfer, menjadi pertimbangan yang cukup berat, karena biasa nya para produsen online shop hanya mengandalkan sistem kepercayaan dalam melakukan transaksi perdagangan. Rata-rata produsen baru akan mengirimkan pesanan barang segera setelah konsumen mentransfer uang mereka. Banyak oknum pelaku kejahatan yang memanfaatkan kedaan ini untuk melakukan penipuan. Yang menjadi korban dalam keadaan ini bisa dapat konsumen maupun produsen. Konsumen kemungkinan besar bisa mengalami penipuan ketika ia telah mentransfer sejumlah uang untuk barang yang ia pesan, ternyata produsen tersebut tidak mengirimkan barang yang seharusnya dikirim kepada sang konsumen. Sebaliknya, kerugian yang akan dialami produsen yang sering terjadi adalah konsumen mengirimkan bukti slip pembayaran transfer uang palsu kepada produsen untuk melakukan penipuan.
Untuk itu, berhati-hatilah dalam melakukan perdagangan online. Berikut beberapa tips yang bisa anda pakai dalam melakukan perdagangan online :
1). Mencari Situs Belanja Online Terpercaya. Bagi para konsumen yang ingin membeli barang via online, sebaiknya memastikan dulu dengan baik situs online yang akan anda kunjungi untuk membeli produk yang anda inginkan. Cari tahu kepada para konsumen yang sebelumnya telah menggunakan produk dari situs tersebut, apakah barang tersebut sesuai dengan deskripsi yang dipajang di situs tersebut atau tidak.
2). Cek Rekening Pembayaran. Bagi para produsen online, sebelum mengirimkan barang pesanan kepada konsumen, ada baiknya mengecek rekening yang digunakan untuk paembayaran konsumen, apakah uang transfer dari sang konsumen sudah masuk ke rekening anda atau belum. Sebagian besar produsen mungkin menggunakan sistem kepercayaan saja, menaruh kepercayaan kepada konsumen bahwa mereka telah mentransfer uang mereka dengan mengirimkan foto bukti slip pembayaran. Tetapi lebih baik bagi kita untuk mengecek uang tersebut memang sudah masuk atau belum guna menghindari penipuan dan kerugian yang akan di alami nanti nya.
3). Memilih Jasa Pengiriman Barang Yang Baik. Pengiriman barang adalah proses terakhir dalam melakukan transaksi perdagangan online. Produsen sebaiknya memilih jasa pengiriman ternama, yang sudah terpercaya kualitas kinerja nya sesuai dengan penawaran yang sediakan. Karena jika konsumen menerima barang terlambat dari waktu yang sudah ditentukan, walaupun kesalahan terletak pada jasa pengiriman bukan pada produsen barang, akan memungkinkan kekecawaan konsumen dalam membeli produk tersebut.
Demikian tips yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar